Saat ini, pendakian gunung telah menjadi sesuatu yang sangat populer dan hampir tampak ‘biasa’, terutama di kalangan anak muda.

Hal ini kurang lebih dipengaruhi oleh keberadaan jejaring sosial yang memiliki kekuatan untuk membangkitkan minat dalam pendakian informasi yang cepat beredar yang juga didorong oleh elemen visual yang begitu menawan.

Baik video atau foto yang memang kaya akan unsur ‘keindahan’, para penonton sepertinya akan ‘ditarik’ olehnya sehingga lebih termotivasi untuk bergabung dengan pendakian gunung.

mountaineering 455338 1920 1024x614 1

Lahir di Indonesia adalah takdir yang harus kita syukuri. Tanpa bertanya, Tuhan telah memilih kita untuk menempati tanah yang mempesona, indah, dan keindahan alam tanpa batas. Dari Sabang hingga Meroke, pulau-pulau ini berbaris dengan beragam pemandangan surgawi.

Baca Juga :

Khusus bagi Anda yang gemar berpetualang di alam liar, mendaki gunung, menikmati hidangan alam hijau luas yang bisa dilihat oleh mata. Indonesia memiliki ratusan gunung, termasuk dalam jajaran cincin api, orang menyebutnya ‘Volcano Country‘, tanah gunung berapi. Sungguh, takdir yang sangat bersyukur.

Memiliki pemandangan yang sangat canggih dan menakjubkan, beberapa dari ratusan gunung yang terletak di Indonesia, menjadi paduan suara di antara para pendaki. Gunung apa itu ?, kami telah merangkumnya dalam 11 Gunung Terindah di Indonesia Bagi Para Pendaki

Gunung Gede, Jawa Barat

3. Gunung Gede Pangrango 2
Gunung Gede

Memiliki ketinggian 2.750 meter di atas permukaan laut, terletak di kabupaten. Cianjur, Bogor dan Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Gunung Gede ini juga memiliki segudang tempat indah bukan hanya di satu tempat saja, seperti Telaga Biru, Kandang Batu, Air Terjun Cibereum, dan Lapangan Surya Kencana yang merupakan tempat favorit bagi pendaki gunung. Alun-Alun Surya Kencana sendiri adalah sabana seluas 50 hektar yang dihiasi oleh hamparan bunga Edelweiss yang sangat indah.

Gunung Pangrango, Jawa Barat

gununggede 952x637 1
Gunung Pangrango

Gunung Pangrango adalah tetangga terdekat dengan Gunung Gede, begitu dekat sehingga banyak orang beranggapan bahwa Gunung Gede dan Pangrango adalah satu dan gunung yang sama. Mereka memanggilnya Gunung Gede Pangrango.

Gunung Tambora, Sumbawa

Gunung Tambora
Gunung Tambora

Gunung Tambora terkenal dengan bentuknya yang lebih dingin karena letusan dahsyat pada tahun 1815 yang menyebabkan Tambora kehilangan puncaknya. Kaldera disebut-sebut sebagai yang terbesar dan terindah di Indonesia. Rasanya, saya akan berdosa jika tidak melibatkan Gunung Tambora dalam artikel ini.

Gunung Ijen, Jawa Timur

010873500 1567478338 kawah ijen
Gunung Ijen

Terletak di perbatasan antara Kab. Bondowoso dan Banyuwangi, Jawa Timur. Tingginya mencapai 2.443 meter di atas permukaan laut, masih lebih rendah jika dibandingkan dengan Gunung Merapi yang terletak di sebelahnya, sehingga Gunung Ijen adalah pilihan yang tepat untuk pendaki pemula.

Keindahan Gunung Ijen terletak di kawah yang sangat terkenal di seluruh jagat raya, disebut kawah Ijen. Apa keunikannya?, Setiap 2 hingga 4 pagi, api di dasar kawah Ijen akan membiru, menunjukkan keindahan yang mempesona, orang menyebutnya sebagai fenomena ‘Blue Fire’. Keunikan yang tidak akan Anda temukan di pegunungan selain Ijen.

Gunung Kelimutu, NTT

shutterstock 783795349
Gunung Kelimutu

Terletak di Kab. Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Masyarakat setempat percaya bahwa Kelimutu selalu memberikan kesuburan bagi tanah di sekitarnya, ini tercermin dalam pohon-pohon subur, termasuk pohon pinus, kayu merah dan casuarinas, yang mengelilingi Gunung Kelimutu.

Keunikan Gunung Kelimutu adalah Danau Kelimutu yang berada di puncaknya. 3 danau yang memiliki 3 warna berbeda, Danau Tiwu Nuwa Muri Koo Fai berwarna biru, Tiwu Ata Polo berwarna merah dan Tiwu Ata Mbupu berwarna putih.

Gunung Bromo, Jawa Timur

bromo
Gunung Bromo

Bromo adalah tujuan wisata terkemuka di Jawa Tengah, pemerintah tidak bertanggung jawab untuk mempromosikan Bromo. Karena itu, panorama alamnya sangat mengesankan dan dilengkapi dengan berbagai fitur perjalanan.

Saat Anda menjelajahinya, Anda akan disuguhi pemandangan pegunungan Semeru, matahari terbit kemerahan, padang pasir luas yang menakjubkan dan dapat mengelilinginya dengan menunggang kuda atau Jeep. Tingginya 2.329 meter di atas permukaan laut.

Gunung Papandayan, Jawa Barat

papandayan
Gunung Papandayan

Kembali lagi ke provinsi Jawa Barat, kali ini ada Gunung Papandayan yang terletak di Kabupaten. Ararut. Dengan ketinggian 2.665 meter di atas permukaan laut, gunung ini menyajikan lanskap alam yang cukup lengkap. Mulai dari kompleks kawah, Pondok Saladah, hutan mati dan Tegal Alun, tempat Anda bisa menikmati hamparan bunga Edelweiss.

Terlepas dari harga tiket yang cukup mahal, Gunung Papandayan masih menjadi tujuan favorit di kalangan pendaki.

Gunung Prau, Jawa Tengah

pendakian gunung prau wonosobo
Gunung Prau

Aktivis margasatwa mengklaim bahwa Gunung Prau adalah matahari terbit paling indah di Asia Tenggara. Mungkin, jika Anda telah menontonnya, Anda akan setuju dengan pendapat itu.

Puncaknya setinggi 2.565 meter di atas permukaan laut. Ketika Anda sampai di sana, Anda dapat menikmati pemandangan indah Sindoro dan pemandangan Mt. Sumbing. Dan awan awan yang akan memukau Anda.

Gunung Cartenz atau Jaya Wijaya, Papua

hipwee cartenz 1 1 750x399 1
Gunung Cartenz

Menjadi salah satu dari Gunung Terindah di Indonesia bagi para pendaki sampai sekarang, Gunung Jaya Wijaya masih buron di kalangan pendaki, selalu diburu. Gunung cartenz bukan hanya menjadi gunung paling tinggi di indonesia, gunung Cartenz juga memiliki keunikan, yaitu keberadaan salju abadi di puncaknya.

Bahkan, hukum alam mengatakan bahwa tidak ada salju di daerah tropis seperti Indonesia. Namun, Jaya Wijaya berdiri dengan anggun dengan tumpukan salju, seolah-olah kebal terhadap hukum alam ini. Ketinggian Jaya Wijaya adalah 4.884 meter di atas permukaan laut.

Gunung Rinjani, Lombok

rinjani
Gunung Rinjani

Dengan ketinggian 3.726 meter di atas permukaan laut, Gunung Rinjani adalah gunung tertinggi di Indonesia di nomor 3. Keindahannya tidak dalam sengketa, ia telah memenangkan banyak penghargaan dunia. Karena keindahannya, sutradara Fajar Bustomi tidak ragu untuk memilihnya sebagai tempat syuting film pendakian Romeo dan Rinjani.

Selain keindahan puncaknya, Gunung Rinjani memiliki tujuan wisata yang rumit, mulai dari sumber air panas, air terjun, gua, danau Segara Anak. Seperti, sekali tepuk 5 lalat yang menabrak. Salah satu caranya, ada banyak tujuan yang bisa kita raih.

Gunung Semeru, Jawa Timur

antarafoto gunung semeru pasuruan 070320 sis 4 ratio 16x9 1
Gunung Semeru

Selain menyandang gelar gunung tertinggi di Jawa, Semeru juga dikenal memiliki banyak cerita di dalamnya, termasuk kisah kematian Soe Hok Gie di puncak Mahameru. Ketinggian puncak Mahameru mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut.

Saat menyentuhnya, Anda bisa merasakan sensasi luar biasa. Mulai di sekitar sabana, saksikan keindahan Danau Ranu Kumbolo, keindahan puncak Mahameru, Oro-oro Ombo yang indah yang dihiasi dengan bunga-bunga Lavender. Dengan segala keindahan yang mengelilinginya, wajar jika Semeru menjadi pusat perhatian para pecinta ketinggian.

Nah, dari sekian banyak gunung keren di negara kita, itu adalah 11 rekomendasi Gunung Terindah di Indonesia bagi para pendaki , yang tentu saja jangan sampai terlewatkan jika Anda punya waktu untuk menaklukkannya.

Ingatlah bahwa setiap gunung memiliki tingkat kompleksitas dan tantangannya sendiri, jadi persiapkan diri Anda sebaik mungkin sambil mendaki.

Ingatlah bahwa kembali ke rumah dengan aman selalu merupakan indikator keberhasilan pendakian, jadi keselamatan selalu menjadi hal pertama yang harus diingat di atas segalanya.

Menjaga kebersihan, melestarikan, dan melestarikan pesona alamnya. Semoga bermanfaat dan salam lestari!


1 Komentar

Olivia Abby · Februari 22, 2021 pada 6:31 pm

Helpful post for a traveler who wants to visit Bagi Para Pendaki in Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *