Traveling dengan menggunakan pesawat terbang bisa dibilang sebagai cara tercepat dan paling nyaman untuk berpergian dan mencapai tujuan yang berbeda. Di beberapa negara, bandara menawarkan landasan pacu yang panjang dan desain yang membuat para pelancong nyaman menunggu pesawat tiba.

Namun, di beberapa tempat, bandara bisa sangat berbahaya dan membuat kalian berfikir 2 kali untuk mengujungi tempat itu.

Apa yang membuat bandara sangat berbahaya adalah jalur pendaratan yang pendek, membuat hampir tidak boleh ada kesalahan sedikitpun saat mendaratkan atau menerbangkan pesawat. Hal ini membuat tidak sembarang pilot bisa mengoperasikan pesawat di tempat ini.

Dimana saja letak bandara tersebut? Simak ulasannya sampai selesai.

1. Bandara Lukla – Nepal

lukla nepal

Jika Gunung Everest ada dalam bucket list kamu, maka pendaratan di Bandara Lukla tidak akan bisa dihindari.

Landasan pacu bandara yang pendek bukan satu-satunya tantangan terbang ke Lukla akan tetapi juga faktor bahwa bandara tersebut terletak di antara pegunungan.

Apa yang lebih menakutkan adalah bahwa ada kalanya bandara tidak memiliki pengontrol lalu lintas dan lampu, hal ini berarti pilot harus mendaratkan pesawat tanpa adanya pemandu.

2. Bandara Toncontin – Honduras

151118ToncontinHonduras 1024x701 1

Melansir dari Intersesting Engineering, sebagai pengganti pendaratan, pesawat perlu melakukan putar balik 45 derajat cepat untuk dapat lepas landas dengan sempurna.

Akan tetapi, jika kalian melihat Bandara Toncontin, kalian tidak akan melihat landasan pacu untuk berputar, karena disana hanya ada landasan pacu yang lurus dan pendek.

Bandara Toncontin yang berada di Honduras ini dianggap berbahaya karena diperlukan teknik yang berbeda dan sangat sulit untuk bisa mendaratkan pesawat di tempat ini,

3. Bandara Svalbard – Norwegia

Svalbard Airport Longyear norwegia

Bandara Svalbard disebut-sebut sebagai bandara paling utara di dunia. Bandara tersebut tidak memiliki lampu landasan yang cukup, itu sebabnya bandara ini hanya melayani penerbangan di siang hari.

Saat kalian tiba di bandara ini, kalian akan langsung disajikan dengan pemandangan menakjuban Kutub Utara dan bahkan jika kalian beruntung, kalian akan disambut oleh beruang kutub yang liar.

Sayangnya bandara ini hanya menerima penerbangan lokal saja. Alasannya jelas jika bandara ini tidak memenuhi standar bandara internasional sehingga Bandara Svalbard tidak lagi menerima penerbangan internasional.

4. Bandara Madeira – Portugal

7. Madeira Airport. Bandara Funchal Madeira

Melihat gambarnya saja sudah membuat kita bergidik ngeri ya.

Landasan pacu yang sangat pendek, tidak dilengkapi oleh penerangan yang memadai serta hembusan angin dari laut Atlantik yang sangat kencang menjadikan Bandara Madeira yang berada di Portugal ini menjadi bandara paling berbahaya di benua Eropa.

Bandara Madeira memiliki sistem pendaratan yang mengharuskan pilot melakukan navigasi secara manual dimedan yang sangat menantang.

5. Bandara Courchevel – Perancis

courcevel

Hampir semua bandara yang ada di negara Perancis berdesain mewah.

Namun tidak dengan Bandara Courchevel ini, bandara yang terletak di Pegunungan Alpen Perancis ini terlihat sangat seadanya dan sangat berbahaya.

Bandara ini menjadi salah satu bandara yang paling curam di dunia, tidak memiliki pencahayaan yang memadai dan sangat licin karena salju yang selalu menutupi landasannya.

6. Bandara Paro – Bhutan

Bandara Paro Bhutan

Hanya ada 8 pilot yang memenuhi syarat untuk melakukan pendaratan aman di Bandara Paro, Bhutan.

Seolah-olah bandara ini tidak cukup berbahaya, Bandara Paro sendiri berada di ketinggian 2225 meter diatas permukaan laut dan dengan medan yang tak kenal ampun, dan jika itu pilot yang sudah sangat terlatih sekalipun pasti akan merasakan takut jika mendaratkan pesawat di bandara ini.

Cuaca disini bisa menjadi sangat ekstrim, yang membuat terbang ke tempat ini akan sangat beresiko. Karena itu, penerbangan hanya diperbolehkan pada siang hari.

7. Bandara Narsarsuaq – Greenland

Narsarsuaq Airport Greenland kepoinkuy  1577535518 61.94.54.227

Inilah bandara yang harus kalian lalui jika ingin berliburr ke Greenland. Bandara yang berada di negara yang ditutupi oleh salju abadi.

Landasan pacu bandara ini hampir selalu tertutup es, suhu yang sangat dingin, angin yang bertiup kuat, serta salju tebal dan awan abu dari gunung aktif yang menghasilkan visibilitas rendah.

Itulah tadi ulasan mengenai bandara paling berbahaya di dunia. Tertarik untuk berlibur dan menguji nyali dengan mendarat di bandara yang baru saja di ulas?


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *