Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia, Dibangun di abad ke-9, Candi ini sekarang menjadi magnet yang dapat menarik jutaan wisatawan.

candi borobudur

Ada guyonan yang sering sopir rental mobil Jogja katakan, konon, orang Indonesia akan mengunjungi Candi Borobudur paling tidak 4 kali dalam hidupnya, Kunjungan pertama biasanya pada saat Study Tour. Kunjungan kedua bersama teman atau pacar saat kuliah. Kunjungan ketiga saat wisuda dengan membawa orang tua, Serta kunjungan keempat saat berlibur membawa anak dan istri.

Candi Borobudur seperti menjadi wisata wajib yang harus dikunjungi saaat berlibur ke Jogja, Meskipun letak Candi ini sebenarnya berada di Magelang, Candi Borobudur dapat dijangkau dalam waktu 1,5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Jogja, Transportasi umum untuk langsung ke Candi Borobudur juga tersedia.

Candi Borobudur

Mendapat kunjungan dari jutaan orang setiap tahunnya, Candi Borobudur ini tak pernah kehilangan pesonanya, disebutkan oleh UNESCO sebagai monumen dan komplek stupa paling megah di dunia, tak heran jika jutaan wisatawan dari dalam maupun luar negri mendatangi Candi Borobudur setiap tahunnya, lihatlah betapa ramainya pengunjung di gambar berikut.

borobudur pengunjung 2

Udara yang begitu segar dengan dihiasi pemandangan serta matahari terbit yang luar biasa indah akan memanjakan mata setiap pengunjung .

indonesia candi borobudur sunrise

Sejarah Candi Borobudur

Berdasar prasasti Karangtengah, Candi Borobudur ini diperkirakan dibangun oleh Raja Samaeatungga dari Wangsa Syailendra dan baru diselesaikan sepenuhnya oleh putrinya, Ratu Pramudawardhani, di abad ke-9.

Sedikit orang yang tau tentang hal lainnya, termasuk siapa sebenarnya arsitek Candi yang tersusun dari 2 juta balok batuan andesit yang saling mengunci seperti puzzle super raksaksa ini.

Ada sebuah legenda di jawa yang menceritakan tentang Gunadarma yang berbaring sembari memandangi Candi Borobudur sampai tertidur dan tubuhnya itupun berubah menjadin perbukitan menoreh. Lalu Gunadarma dianggap sebagai arsitek Candi Borobudur, meski demikian tidak ada prasasti yang dapat menunjukan keaslian cerita ini.

Relief di Candi Borobudur

relief candi borobudur

Candi Borobudur memiliki 2672 panel relief yang apabila disusun berjajar, panjang dari relief ini dapat mencapai 6 km.

Relief di Candi Borobudur terbagi menjadi 4 kisah utama, yaitu : Lalitawistara, Karmawibangga, Jataka/Awanda, dan Gandawyuha, selain bercerta tentang perjalanan hidup kisah Buddha serta ajarannya, relief di Candi Borobudur juga bercerita tentang kemajuan masyarakat di tanah Jawa pada saat itu.

Jika ingin mengikuti cerita yang ada di relief, pengunjung harus berjalan searah dengan jarum jam dari pintu masuk sebelah timur, setelah tiba di titik awal, barulah pengunjung bisa naik ke tangga berikutnya, cara ini diulang sampai berada di titik puncak Candi Borobudur. Ritual ini disebut dengan pradaksina.

Fakta Tentang Candi Borobudur

maxresdefault

Berikut adalah fakta yang perlu kalian ketahui tentang Candi Borobudur.

1. Berusia 12 Abad

Candi Borobudur sampai saat ini diperkirakan telah berusia sekitar 12 abad atau 1200 tahunan. Hal ini ddukung dengan ditemukannya bukti yang menyatakan Candi Borobudur ini dibangun diawal abad ke 8 atau 9 masehi.

2. Pernah Terabaikan

Beberapa bukti pernah menyatakan bahwa Candi Buddha terbesar di dunia ini pernah dilupakan. Kejadian ini terjadi sekitar abad ke 14 atau 15 masehi, yaitu pada saat peradaban Hindu Buddha mulai berkurang. Tahun ini juga merupakan masuknya agama Islam ke Indonesia.

3. Keturunan Tionghoa Menjadi Pembuka Jalan

Orang Tionghoa ini bernama Tan Jin Sing, orang keturunan tionghoa jawa yang juga merupakan bupati Yogyakarta pertama yang bergelar Kanjeng Raden Tumenggung Secadiningrat yang diberi gelar oleh Sultan Hamengkubuwono III.

Setelah 400 tahun terabaikan dan tertutup oleh tanah, semak belukar, serta pepohonan, Seorang Gubernur Hindia Belanda yang memliki minat besar terhadap budaya jawa mencoba menggalinya.

Gubernur Hinda Belanda ini bernama Thomas Stamford Raffles.

4. Dipamerkan di Museum Thailand

Selain pencurian, hilangnya arca serta artefak pada Candi Borobudur tidak lepas oleh campur tangan pemerintah Hindia Belanda.

Di tahun 1896, Raja Thailand berkunjung ke Indonesia dan bermaksud ingin memilki beberapa arca dari Candi Borobudur.

ganesha 081
salah satu artefak yang berada di Thailand

Permintaan itu akhirnya disetujui oleh pemerintah Hindia Belanda. Akhirnya, 5 arca Buddha, 30 batu dengan relief, 2 patung singa, batu dengan bentuk kala, tangga dan gerbang, arca penjaga dwarapala dibawa ke Thailand.

6. 2 Kali Mengalami Pemugaran

Candi Borobudur pernah mengalami 2 kali pemugaran demi menjaga kualitas serta keutuhannya. Pemugaran pertama terjadi pada tahun 1907 dan 1911, namjun karena minimnya biaya, pemugaran tidak bisa dilakukan sepenuhnya. Pada pemugaran pertama ditemukan beberapa patung kepala Buddha yang hilang.

Kemudian pemugaran kedua dilakukan di tahun 1960-1973 dengan lebih intensif untuk melindungi warisan budaya ini.

Saat itu pemerintah Indonesia dan UNICEF bekerja sama melakukan proyek perbaikan secara besar-besaran untuk membuat bangunan Candi Borobudur menjadi lebih kokoh. Dikatakan bahwa proyek ini menelan biaya hampir 7 juta dollar.

7. Masuk ke Daftar Situs Warisan Dunia

Di tahun 1991, Candi Borobudur resmi ditetapkan menjadi salah satu benda warisan budaya peninggalan masa lalu. Candi ini dikatakan merupakan bukti budaya yang mewakili mahakarya manusia jenius dan kreatif.

8. Pernah Menjadi Sasaran Ledakan Bom

Pada tanggal 21 Januari 1985, Candi Borobudur pernah jadi sasaran ledakan bom hingg menyebabkan kerusakan 9 stupa dan 2 buah patung Buddha. Pelaku pengeboman ini adalah npenceramah muslim beraliran ekstrem yang bernama Husein Ali Al Habsie.

Alasan pemboman ini tidak diberitakan dengan jelas. Beberapa sumber menyatakan masalahnya adalah konflik agama, kepentingan dan yang lainnya.

9. Terguncang Gempa Tetapi Tetap Utuh

Candi Borobudur pernah terguncang gempa berkekuatan 6,2 SR pada tanggal 27 Mei 2006. Mesipun gempa itu hampir memporak-porandakan daerah diseitarnya, Candi Brobudur ini tetap berdiri kokoh tanpa ada keruskan.

10. Jutaan Pengunjung Setiap Tahunnya

Kepopuleran Candi Borobudur memang tidak perlu ditanyakan lagi. Namanyapun sudah menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Hal ini diperkuat dengan peningkatan jumlah pengunjung setiap tahunnya. Bahkan jika dirata-rata, jumlah pengunjung dalam setahun mencapai 2,5 juta pengunjung.

Informasi Penting

Candi Borobudur adalah tempat wisata yang wajib dukunjungi ketika kalian berlibur ke Yogyakarta.

borobudur2 1024x683 1

Namun bagi kalian yang belum pernah datang kesini dan ingin datang kesini, berikut ini adalah beberapa informasi yang kalian bisa gunakan.

  • Lokasi Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
  • Akses Untuk menuju ke Candi Borobudur, kalian bisa menggunkan bus Transjogja jalur A yang menuju Jombor. Setelah sampai di Jombor, perjalanan dapat dilanjutkan dengan bus jurusan Jombor-Borobudur.
  • Harga Tiket Untuk kalian yang berkewarganegaraan Indonesia dipatok sebesar : Dewasa Rp 50.000 dan anak-anak Rp25.000. Dan bagi Warga Negara Asing dipatok : Dewasa USD 15 dan anak-anak USD 8.
  • Fasilitas Candi Borobudur memiliki banyak sekali fasilitas yang bisa dipakai bagi pengunjung, dan bagi anda yang datang dari luar kota tidak perlu lagi khawatir soal penginapan ataupun restoran, dan biasanya juga dari panitia diakan berbagai acara seperti festival budaya, acara musik, dan perayaan hari umat buddha serta lain sebagainya.

Itu tadi adalah ulasan tentang Candi Borobudur yang merupakan salah satu warisan dunia, Candi Borobudur tidak hanya menjadi tempat wisata, namun juga menjadi tempat ibadah umat Buddha, disana kita juga dapat belajar soal sejarah Candi. Bagi kalian jangan ragu untuk datang ke tempat ini karena dijamin kalian tidak akan menyesal mengunjungi situs warisan dunia ini.


1 Comment

ABHISHEK SINGH KASERA · July 28, 2020 at 6:16 pm

Very well written..and good way of explaining..
You may also visit my blog by clicking below..

Coronavirus Impact

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *