Danau Toba merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat menakjubkan di Indonesia. Selain keindahan alamnya, Danau Toba juga masih sangat menjaga keaslian khazanahnya oleh para warga daerah setempat, mulai dari kultur masyarakat hingga sosial budayanya.

Mungkin sebagian besar dari kalian pernah mendengar cerita tentang asal-usul Danau Toba ini, baik itu dari televisi atau mungkin dari omongan tetangga kalian dan mungkin juga dari pelajaran sejarah di sekolah.

danau toba 20160819 100738

Salah satu kisah yang paling popular adalah dimana pada jaman dahulu terdapat seorang pemuda bernama Toba yang sedang mencari ikan, kemudian dia menemukan ikan mas besar yang berubah menjadi sosok wanita sangat cantik. 

Kemudian Toba memperistri perempuan tersebut tetapi dengan syarat Toba dilarang menyebutkan asal-usul si perempuan tadi. Setelah menikah, mereka berdua akhirnya dikaruniai seorang anak yang diberi nama Samosir. 

Suatu ketika, Toba marah kepada Samosir dan tanpa sengaja mengeluarkan ucapan “dasar kau anak ikan” yang secara  tidak langsung juga menyebutkan asal-usul dari istri Toba itu sendiri. Bencana besar pun sontak langsung melanda seperti badai, angin, dan semburan air yang langsung menenggelamkan wilayah tersebut

ilustrasi cerita 1

Toba tenggelam di bawah air tersebut yang kemudian di namakan menjadi Danau Toba, sementara anaknya yang bernama Samosir mengikuti petunjuk ibunya agar cepat-cepat melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi sehingga dapat selamat dari bencana tersebut.

Tempat Samosir menyelamatkan diri tadi disebut dengan Pulau Samosir. Ibunya yang memang adalah jelmaan dari ikan mas kemudian menyeburkan diri ke danau dan kembali lagi menjadi ikan mas.

Fakta Sejarah Danau Toba

Fakta yang sebenarnya terjadi bukanlah tentang seorang pemuda yang menikah dengan wanita jelmaan ikan mas, melainkan Danau Toba adalah danau yang terbentuk secara alami akibat dari letusan Gunung Toba. Gunung Toba adalah salah satu gunung berapi yang memiliki daya ledak sangat tiggi.

Ilustrasi Letusan Gunung Toba

Berdasar sejarah, Gunung Toba pernah meletus sebanyak 3x , letusan pertama terjadi pada 800.000 tahun yang lalu, dimana letusannya membentuk kaldera. Letusan ke-2 terjadi sekitar 500.000 tahun yang lalu yang efeknya juga membentuk kaldera, kemudian letusan ke-3 yang merupakan letusan terakhir dan terbesar terjadi sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu.

Hampir media diseluruh dunia menyebutkan bahwa letusan ke-3 ini adalah letusan yang mengubah peradaban dunia, letusan Gunung Toba memiliki daya ledak sangat kuat yakni sekitar 26.000 megaton TNT, yang bahkan jauh lebih besar dari bom hiroshima dan nagasaki yang hanya 0,015 megaton TNT.

Ketinggian letusannya sendiri mencapai 50km dan meterial abu vulkaniknya menyebar hingga ke seleuruh atmosfer bumi dan menghalangi cahaya matahari yang masuk. Akibatnya, suhu di bumi turun 3-5 derajat celcius.

Ilustrasi Letusan Gunung Toba 2

Selain mengubah iklim di bumi, letusan gunung toba juga mengakibatkan tsunami yang sangat besar serta menyebabkan kematian masal bagi manusia serta beberapa makhluk hidup lainnya, dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuan di beberapa negara, letusan gunung toba saat itu memusnahkan sebanyak 60% populasi manusia atau sekitar 60juta manusia,

Setelah meletus, gunung toba ini meninggalkan kawah kaldera yang sangat besar dan lama-lama terisi oleh air dan menjadi danau toba yang menjadi danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini memiliki luas kaldera 1.145 kilometer persegi.

Keindahan Danau Toba

1. Gunung Pusuk Buhit

pusuk buhit samosir

Gunung api yang berada didalam gunung berapi? terdengar aneh memang tapi inilah fakta dari fenomena alam langka. Gunung Pusuk Buhit yang berada di pulau samosir menawarkan bukit yang memanjakan mata. Kalian bisa melihat keindahan Toba dari ketinggian lebih dari 1.900 mdpl.

2. Paropo

paropo 1 1

Kalian sudah pernah ke semeru dan ranukumbolo? coba kalain kunjungi paropo. Pinggiran danau toba, mungkin kaliaan akan merasakan sedang berada di ranukumbolo. Tempatnya sangat nyaman dengan background gunung serta danau yang sangat luas

3. Bukit Gajah Bobok

bukit gajah bobok2 1

Ingin mendapat sesuatu yang bekesan di pagi hari? Berkunjung ke bukit gajah bobok adalah jawaban terbaik. Dari puncak bukit ini kalian bisa menikmati sunrise yang keren sekaligus lanskape danau toba yahng berkabut.

4. Holbung Samosir

Bukit Holbung

Hal yang membuat bukit holbung eksotis adalah nuansa alam yang ditawarkan, dengan danau toba yang dipenuhi air dan perbukitan hijau di sisi lainnya, membuat anda betah untuk bersantai ria di tempatb ini.

5. Bukit Siadtaratas

siadtaratas1

Dibukit ini terdapat jalan setapak dari depan bukit hingga belakang bukit yang merupakan danau toba itu sendiri, kalian harus sedikit berhati-hati jika ingin melewati track ini. karena jika tidak, kalian bisa terperosok ke lereng bukit.

Namun tak bisa dihindari jika kalain berada di puncak bukit ini, kalian mendapat pengalaman yang luar biasa.

6. Negeri Bakkara

infopedia bakara lembah penuh pesona 768x385 1

Temapat ini adalah sebuah wilayah di pingiran danau toba. Diapit oleh 2 bikit menjadikan tempat ini sangat indah, apalagi jika kalian melihatnya pada saat tertentu. Panoramanya juga sangat epic banget, jika kalian berkunjung ke danau toba, kalian wajib mampir ke tempat ini,

7. Bukit Indah Simarjarunjung

bukit indah simarjarunjung

Di tempat ini kalian bisa menggunakan kekuatan fotografi kalian, banyaknya spot foto yang ditawarkan akan membuat kalian bingung akan menggunakan background yang mana.

8. Menara Pandang Tele Samosir

menara padang

Memang hal yang paling berkesan untuk menikmati danau toba adalah dari ketinggian, dan salah satu tempat untuk menikmati itu adalah di menara pandang tele samosir. Disini terdapat banyak tingkat untuk menikmati pemandangan danau toba, jadi kalian tidak perlu risau untuk memilih beckground foto di sini.

9. Air Terjun Efrata

Air Terjun Efrata

Siapa yang tidak suka main air? setelah seharian menjelajah danau toba, kalian bisa mencoba mendinginkan diri di air terjun efrata ini. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota dan akses jalan yang mudah membuat air terjun ini selalu ramai akan pengunjung.

10. Air Terjun Situmurun/Binangalom

air terjun binangalom kecamatan lumban julu parapat sumatera utara

Air terjun situmurun ini sangat unik karena air yang jatuh langsung menuju ke danau toba, orang lokal selain menyebut air terjun ini situmurun adalah binangalom. Untuk bisa mencapai air terjun ini, kalian lebuh baik menyewa kapal motor dari ddesa gopgopan di samosir.

Itulah tadi sejarah dan keindahan Dana Toba, terlepas bagaimanapun cerita yang beredar di masyarakat. Keindahan dari Danau Toba itu sendiri wajib kalian coba apalagagi bagi kalian yang berada di pulau Sumatera.

 

 


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *