Beranda » Traveling » Hainan, Tempat Wisata di China Bak Surga Tersembunyi

Hainan kini menjadi salah satu magnet bagi para wisatawan yang ingin berlibur ke China. Jutaan pengunjung tertarik untuk datang ke tempat wisata di China yang satu ini setiap tahunnya. Apalagi, sejak Mei 2018 pemerintah setempat menetapkan aturan bebas visa ke Hainan untuk kunjungan maksimal 30 hari. Kebijakan ini diberikan untuk 59 negara, termasuk 12 negara Asia-Oceania, sebagai persiapa Hainan menjadi salah satu destinasi wisata internasional.

Sesuai dengan namanya, hǎi yang berarti laut dan nán yang berarti selatan, Hainan adalah pulau kecil yang terletak di bagian laut paling selatan China. Sebelum ramai dibicarakan sebagai objek wisata, Hainan dulu merupakan pulau tempat pembuangan tahanan politik yang terisolasi dari dunia luar selama ratusan tahun. Namun, siapa yang bisa menyangka jika kini Haninan menjadi ‘surga’ tempat wisata di China.

chinese resort sanya city hainan island city view 244202 46

Meski belum sepopuler tempat wisata lainnya di dunia, keindahan pulau kecil di laut selatan China ini sudah tersohor hampir ke seluruh dunia. Pulau seluas 34.438 kilometer persegi dengan gatis pantai sepanjang 1.500 kilometer ini memiliki keindahan yang memukau. Pantainya indah, pohon kelapa berbaris rapi di sepanjang tepian pantai, air lautnya begitu jernih hingga pantulan cahaya matahari membuatnya berkilau, ada banyak café dan kawasan perbelanjaan yang tersusun rapi di samping laut China selatan, serta udara segar di sekeliling pulau kecil ini menjadi daya tarik tersendiri bagi Hainan. Karena itulah, Hainan sering disebut sebagai ‘Hawaii-nya China’.

Tak hanya itu, hutan hujannya masih terjaga dengan baik. Bahkan, Hainan dinilai memiliki hutan hujan tropis terbaik di China. Sebab, pemanfaatannya juga sangat maksimal, di mana tenaga matahari juga digunakan sebagai sumber daya di pulau tersebut. Tak heran jika banyak wisatawan yang bertandang ke tempat wisata di China yang satu ini berniat untuk mendapatkan manfaat sehat dari udara bersih di Hainan.

Baca juga :

Pamandangan yang menawan ini dibalut juga dengan keunikan budayanya yang menarik perhatian wisatawan. Di tambah lagi, tempat wisata di China ini memiliki kemisteriusan cerita legenda lokal yang membuat para wisatawan semakin penasaran untuk datang ke pulau kecil nan indah ini. Lantas, apalagi objek wisata yang bisa didatangi di Hainan? Yuk, simak tempat wisata di China, Hainan, yang wajib disambangi.

Tempat Wisata di China, Hainan, yang Wajib Disambangi

Ada banyak tempat wisata di China yang bisa Anda temukan di Hainan. Destinasi ini bahkan bak ‘surga’ tersembunyi yang hanya akan ditemui di Hainan. Berikut di antaranya:

1. Yalong Bay

Yalong Bay yang terletak di Kota Sanya, ujung selatan Pulau Hainan, merupakan landmark pulau Hainan. Pantai inilah yang menjadikan Hainan dijuluki sebagai ‘Hawaii-nya China’. Birunya laut berpadu dengan pasir putih, dan terik matahari justru menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Pemandangan ladang sawah membentuk panorama unik Teluk Yalong. Tak hanya penampakan fisiknya saja yang indah, taman bawah laut dan wisata bahari Yalong Bay juga seringkali menjadi incaran para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

2. Holiday Beach

Pantai ini merupakan resor rekreasi utama di Haikou, ibukota Hainan. Pantai sepanjang 6 km ini memiliki suhu sekitar 75.2°F atau setara dengan 24°C dengan air laut yang berkilau dan pohon kelapa yang berjajar di sepanjang tepi pantai. Pantai rekreasi ini memiliki 4 zona yang bisa dikunjungi, yaitu sea sport, pusat kuliner dan budaya, fun section, dan area relaksasi. Sesuai dengan namanya, pantai ini memang cocok untuk menghabiskan waktu libur.

3. Meminum dan menikmati pemandangan ‘pohon air suci’ di Wenchang

Tempat wisata di China yang satu ini merupakan satu daerah yang sangat indah dan populer di Pulau Hainan. Keunikan yang menjadi daya tarik tempat ini adalah terdapat lebih dari 500 ribu pohon kelapa yang tumbuh subur di tempat ini. Di Hainan, pohon kelapa memang menjadi pohon yang cukup diagungkan. Penduduk setempat percaya, bahwa air kelapa merupakan ‘air suci’ yang dapat membantu orang yang meminumnya kembali semangat. Untuk merasakan air kelapa segar di Wenchang, petani lokal di tempat ini bahkan bisa memanjat pohon kelapa setinggi 20 meter dengan sangat cepat.

4. Laut Dadong

Laut Dadong sering menjadi tempat wisata di China yang banyak dikunjungi para wisatawan, terutama mereka yang gemar olahraga menyelam. Laut Dadong menawarkan pemandangan bawah laut yang begitu menyejukkan mata dan membuat siapa saja terpukau akan keindahannya. Pemandangan hewan laut yang indah dipadu dengan warna lautnya yang kian cantik berkat ganggang yang tumbuh subur di dalamnya. Malam hari pada libur akhir pekan, para wisatawan yang suka keramaian bisa turut berpesta hingga jam 9 malam.

5. Xinglong Tropical Botanical Garden

Kebun Raya seluas 400.000 meter persegi ini merupakan sebuah tempat pusat pendidikan eco-lingkungan nasional dan kolam gen spesies di China. Tempat wisata di China yang satu ini di dalamnya terdapat banyak tanaman tropis dan spesies langka. Sejak dibangun pada tahun 50-an, Xinglong Tropical Botanical Garden memiliki peran penting dalam budidaya pertanian dan penelitian tanaman tropis di China.

6. Berkunjung ke rumah para monyet di Nanwan Monkey Island

Ingin melihat kawanan monyet ramah berkeliaran di suatu wilayah di China? Datanglah ke Nanwan Monkey Island yang masih berada di kawasan Hainan. Terletak di Semenanjung Nanwan, sekitar 14 km ke selatan dari Lingshui County, Pulau Monyet Nanwan menjadi tempat wisata unik yang populer di kalangan turis domestik maupun mancanegara. Didirikan pada tahun 1965, Monkey Island memang dikhususkan sebagai tempat konservasi monyet yang dilindungi. Di tempat ini, terdapat kurang lebih 400 jenis tanaman dan buah-buahan, serta gua yang menjadi surga bagi lebih dari 100 monyet di pulau ini.

7. Gusong Village

Berkunjung ke Pulau Hainan ada yang kurang rasanya jika tidak menyambangi Gusong Village yang merupakan perkampungan asli Hainan yang sudah cukup langka ditemui. Desa kuno Hainan ini begitu indah, unik, dan merupakan permata tersembunyi di Hainan. Meski sudah menjadi tujuan wisata, desa tradisional ini tidak komersil. Di desa ini, para wisatawan bisa melihat kebiasaan hidup dan busaya penduduk asli Hainan yang masih menjaga cara-cara hidup tradisional. Jika berkunjung ke desa ini, para penduduk desa sendiri yang akan mengatur dan memandu di semua tempat wisata yang bisa dikunjungi, termasuk tur Gunung Tonggu untuk melihat seluruh pantai timur laut Hainan dari lokasi ini, pantai private yang minim wisatawan, hingga melihat para penduduk tradisional memancng di Teluk Gusongcun.

Itulah tadi beberapa tempat wisata di China yang harus disambangi para wisatawan. Rupanya, China tak melulu soal barang elektronik dan kemampuan berdagangnya yang apik. Tempat wisatanya pun sangat unik dan menarik. Bagaimana? Tertarik?

Referensi : Taukan.com

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.