Hutan Taman Nasional yang mempunyai luas hampir sekitar 434 km persegi dan menyimpan sekitar 500 lebih jenis tanaman serta ratusan macam hewan liar ini terletak di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Purwoharjo dan Kecamatan Tegaldlimo.

Alas Purwo adalah sebuah hutan legendaris yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Mitosnya, banyak sekali Misteri Alas Purwo yang belum terpecahkan hingga sekarang. Penduduk sekitar juga percaya jika Alas Purwo ini menjadi tempat berkumpulnya para jin seantero nusantara. Tidak heran jika hutan tertua di Pulau Jawa ini mendapat julukan magis.

Welcome to Alas Purwo resize

Jika kalian berkunjung saat malam satu Suro, kalian akan menemui banyak orang yang bersemedi di sana. Tujuan tak lain adalah mencari wangsit, ingin naik pangkat, pesugihan bahkan ilmu hitam sekalipun. Bahkan tersebar berita jika Bung Karno juga sering bersemedi di salah satu goa di Alas Purwo. Beliau bersemedi untuk menemui penguasa laut selatan, Nyi Roro Kidul.

Baca Juga :

Pada zaman dahulu di hutan inilah para raja-raja berkumpul untuk bertukar pikiran dan menenangkan diri. Disini juga terdapat goa istana yang dipercayai masyarakt sebagai tempat mencari ilmu ghaib.

Dalam cerita masyarakat banyuwangi, banyak sekali orang yang masuk namun tidak bisa kembali lagi setelah memasuki Alas Purwo, konon hal ini dikarenakan mereka membuat marah para penghuni di Alas Purwo.

Alas Purwo masih menjadi satu diantara tempat paling misteri di Indonesia yang belum terpecahkan. Bahkan makin hari misterinya maskin bertambah. Misalnya saja seperti ulasan berikut ini.

1. Bisa Masuk Tapi Tidak Bisa Keluar

Bisa masuk tapi tidak bisa keluar

Rumor ini adalah rumor yang paling identik dengan Alas Purwo, hal ini tak lain adalah orang-orang yang menghilang secara misterius disana. Ada banyak cerita beredar tentang orang-orang yang penasaran dan masuk ke Alas Purwo tetapi mereka tak bisa keluar.

Banyak alasan kenapa sebagian orang yang masuk namun tidak bisa keluar dari hutan ini. Salah satunya adalah karena orang-orang tersebut punya niat jahat dan hati mereka kotor. Orang-orang percaya apabila dua hal tersebut dibawa masuk ke Alas Puwo, kemungkinan besar ia tidak bisa keluar.

Ada kabar beredar jika orang yang tersesat dan dia bisa menemukan jalan keluar, orang tersebut akan mengalami gangguan jiwa atau gila. Bahkan, orang yang hilang di Alas Purwo jasadnya tidak pernah ditemukan.

2. Kerajaan Jin Terbesar di Nusantara

kerajaan jin

Salah satu yang berita yang terkenal adalah jika Alas Purwo merupakan tempat dimana kerajaan jin terbesar berdiri. Bahkan rumornya, kerajaan jinnya sendiri sangat luar biasa, begitu besar, megah dan sangat ramai. Bagi kalian yang mempuyai mata batin dipercaya bisa melihat kejaan jin ini.

JIka ada orang yahng datang dan berbuat sesuatu yang tidak berkenan, maka makhluk gaib yang berada di tempat ini akan menculik dan mencelakakan orang tersebut.

Entah rumor ini benar atau tidak tapi tak bisa dipungkiri jika rumor ini sudah sangat melekat dengan Alas Purwo.

3. Banyaknya Goa di Alas Purwo

goa istana

Jika kalian hanya melihat foto di internet, Alas Purwo akan terlihat seperti hutan pada umumnya. Akan tetapi jika kalian mengunjungi Alas Purwo ini, ternyata di dalam hutan ini terdapat banyak sekali goa-goa yang tersebar di penjuru hutan.

Banyak yang bilang jika Alas Purwo meiliki sekitar 40 goa, dan mitosnya di setiap goa terdapat penunggunya masing-masing entah itu yang bisa diliat dengan mata telanjang atau bahkan bagsa jin sekalipun.

Diantara banyaknya goa yang terdapat di Alas Purwo, Goa Istana adalah goa favorit untuk orang-orang mencari pesugihan dan mencari ilmu hitam.

4. Tempat Mencari Pesugihan dan Ilmu Hitam

Tempat mencari pesugihan dan ilmu hitam

Tak hanya mitos hilangnya pengunjung, Alas Purwo juga kental dengan ilmu gaib. Tempat ini sering sekali dijadikan sarana untuk belajar ilmu gaib, hal ini dibuktikan dengan banyaknya goa disini yang selalu meninggalkan jejak manusia dengan berbagai sesajen.

Tidak begitu jelas tentang ilmu macam apa yang dipelajari di tempat ini. Tapi rumornya, barang siapa yang sudah selesai belajar ilmu di Alas Purwo ia akan memliki kesaktian yang luar biasa.

5. Misteri Makam 7 Meter

Misteri makam sepanjang 7 meter 1

JIka makam normal pada umumnya hanya memiliki ukuran 1×2 meter dan panjang rata-rata tidak lebih dari 3 meter. Akan tetapi, jika kalian berkunjung ke Alas Purwo kalian akan menemukan makan dengan panjang sekitar 7 meter. Makam ini diberi nama Makam Mbah Dowo dan makam ini sangat dikeramatkan oleh masyarakat sekitar.

Makam ini menjadi misteri yang menarik untuk dibahas. Konon yang dikubur di makam ini bukanlah jasad manusia, akan tetapi adalah tombak pusaka milik Mpu Barada yang dititipkan pada Suryo Bojonegoro untuk diberikan kepada Raja Klungkung. Tombak ini nantinya akan digunakan Raja Klungkung untuk melawan wanita yang memiliki ilmu hitam tinggi, yaitu Calon Arang.

Akan tetapi Surya Bojonegoro melanggar amanah yang dipercayakan kepadanya agar tidak membuka tombak pusaka sebelum sampai di Kerajaan Klungkung. Secara ajaib tombak itupun kembali ke dalam tanah dan tidak bisa diambil oleh siapapun.

Saat ini, Makam Mbah Dowo dianggap sebagai tempat dengan aura positif di Alas Purwo, sangat berbeda dengan aura di lua makam yang serat dengan aura negatif.

6. Trowongan Goib yang Menyesatkan

Terowongan gaib yang mengecoh kendaraan

Misteri lainnya datang dari kisah seorang supir bus yang mengaku pernah menembus trowongan gaib di Alas Purwo.

Saat itu supir bus membawa penumpang dari Bali menuju Jakarta. untuk menghindari jalan yang macet, supir bus memilih jalan alternatif yang berada di dekat Alas Purwo. Namun tanpa sadar bus tersebut masuk ke dalam trowongan gaib dan hanya berputar-putar di kawasan itu saja.

Saat adzan subuh berkumandang, semua penumpang dan supir bus baru menyadari jika mereka hanya berputar-putar di dalam hutan. Setelah sadar, mereka langsung meminta bantuan kepada warga sekitar untuk mengeluarkan bus dari hutan.

7. Banyaknya Penampakan Makhluk Astral

hantu 1

Kalian tentu bisa menebak jika disemua tempat angker paasti ada gangguan visual dari makhluk astral. Gangguan itu bisa berupa penampakan makhluk gaib dengahn wujud yangv menyeramkan. Begitu juga din Alas Purwo ini, kalian bisa menemui berbagai macam penampakan apalagi bagi kalian yang memiliki mata batin.

Penampakan yang paling sering dilaporkan terjadi adalah genderuwo dan kuntilanak. Kalia bisa menemukan penempakan tersebut jika kalian berkunjung pada malam hari. Pepohonan yang rimun dan tinggi menjadikan tempat ini menjadi lokasi favorit bagi makhluk astral.

Sejumlah misteri di Alas Purwo dapat membuat kalian enggan untuk berkunjung ke taman nasional ini.

Nah bagaimana? Masih berminat mengunjungi Alas Purwo? Namun ingat mitos yang terkenal ini, jika kalian mengunjungi Alas Purwo dan kalian merasa ada yang memanggil, kalian jangan melihat ke belakang. Karena jika kalian melihat ke belakang, hal ini bisa membuat kalian dicuik oleh makhluk gaib.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *