Nusakambangan, pulau yang terletak di kabupaten Cilacap ini pasti pikiran kita akan tertuju pada lapas yang mempunyai keamanan sangat tinggi untuk napi kelas kakap.

Lapas nusakambangan atau orang biasa menjulukinya dengan alcatraz-nya indonesia ini biasanya menjadi perjalanan akhir bagi para napi yang mempunya riwayat kejahatan tinggi.

pnjara 1

Meski sangat mengerikan karena sampai mendapat julukan alcatraz-nya indonesia, tak jarang ada wisatawan yang penasaran datang ke pulau nusakambangan untuk menguji nyali mereka.

Untuk mengetahui seberapa mengerikan lapas nusakambangan ini, berikut adalah fakta yang berada di lapas nusakambangan yang harus kalian ketahui.

1. Kriminal Kelas Kakap dan Keamanan Penjara Exstra

Sama halnya dengan alcatraz, nusakambangan secara tidak langsung dijadikan tempat bagi napi dengan kejahatan berat seperti teroris, pembunuhan, narkoba dan sebagainya, fakta ini diperkuat dengan nama-nama orang terkenal yang pernah mendekam di lapas ini, sebut saja Amrozi, Imam samudra, juga Ali Gufron.

kriminal 1

Dikarenakan penjara ini dihuni oleh tahanan kelas kakap, tak heran jika keamanan penjara ini juga sangat luar biasa ketat, sampai-sampai terdapat pasukan bersenjata yang menjaga sel khusus bagi tahanan beresiko tinggi.

2. Bukit Nirbaya, Bukit Kematian yang Menunnggu Korban

Sekilas tidak ada yang aneh dengan nama bukit nirbaya ini, tapi jangan salah, bukit nirbaya bukanlah bukit bagi kalian yang ingin menikmati keindahan alam.

Bagi para napi yang sudah divonis mati, bukit nirbaya ini adalah bukit terakhir yang mereka kunjungi, karena dibukit inilah hukuman mati biasa dilakukan.

nirbaya 1

Bukit nirbaya ini adalah bukit yang paling sering dijadikan tempat eksekusi mati, bukit nirbaya ini seolah menambah kesan kengerian dari pulau nusakambangan.

Belum lagi rumor yang mengatakan adanya makhluk halus yang berada di pulau ini semakin menambah suasana tidak menyenangkan untuk berlama-lama dipulau ini.

3. Ratusan Orang Sedang Menunggu Kematian

Petugas lapas nusakambangan sudah berkali-kali mengeksekusi para tahanan disini, meskipun beberapa dari mereka tanpa pemberitaan dari media, meski sudah banyak orang yang mati, tapi tetap saja masih banyak dari napi yang akan menyusul.

Tahanan Nusakambangan 1

Saat ini sekitar ratusan orang napi tinggal menunggu waktu eksekusi, mereka hidup seolah tidak memiliki tujuan pasti, selain mereka hanya tinggal menghabiskan waktu sampai saat waktu hukuman mati mereka tiba, mereka yang tidak mendapat vonis mati pasti akan merasa simpati, tak terbayang memang hidup dalam keadaan seperti ini.

4. Konsumsi yang Tidak Layak

Salah satu yang membuat penghuni lapas di nusakambangan tidak betah adalah makanan yang tidak layak, setiap hari para napi diberi menu sayur kangkung, namun menu ini tidak seperti makanan rumahan.

Sebab, sayur kangkung itu dimasak dalam bentuk berkuah seperti comberan berwarna hitam, meskipun para napi sudah sering protes akan tetapi menu kangkung seperti ini terus saja dihidangkan

Ilustrasi sayur kangkung 1

Jatah makan disini memang ditimbang, meski begitu terkadang para petugas mengurangi porsi makan para napi dengan cara memberatkan timbangan

Menurut seseorang yang pernah tinggal di lapas, hal itu adalah salah satu alasan yang membuat napi ingin kabur.

5. Lapas yang Penuh Material Besi

Saah satu lapas yang berada di nusakambangan ini adalah lapas besi, di lapas yang didirikan tahun 1929 tersebut, konon hampir semua material bangunannya terbuat dari besi, hal itulah yang membuat lapas tersebut sangat kokoh.

lapas pasir putih nusakambangan satu di antara tujuh lapas di nusakambangan 20170807 162054 1

Bagi para napi disana, tentu kondisi seperti ini seakan membuat mereka merasa di dalam sangkar.

6. Kabur Hanya Akan Mendatangkan Kematian

Meski lapas nusakambangan sudah mendapat gelar penjara paling ekstrim serta pengamanan super ketat, bukan berarti para napinya tidak pernah mencoba melarikan diri, tercatat ada beberapa kali napi yang mencoba melarikan diri dari penjara yang satu ini, akan tetapi kabur dari penjara ini bukanlah hal yang bijak, karena hal itu sama saja dengan bunuh diri.

acan 1

Lapa nusakambangan dibangun di pulau paling ujung selatan Jawa Tengah, di tempat ini hutannya masih sangat asri, petugas dan masyarakat sekitar masih sangat percaya kalau hutan disini masih dihuni hewan liar yang buas, seperti ular bahkan macan, jika para napi mencoba kabur, maka hal-hal seperti inilah yang akan mereka hadapi

7. Mitos Penjara yang Tak Kalah Menyeramkan

Tidak hanya kengerian diatas kengerian lapas nusakambangan seolah semakin lengkap dengan mitos angkernya hutan di nusakambangan.

Pernah tersiar cerita dimana petugas yang tidak bisa menemukan jalan pulang ketika terjebak di daam hutan, hingga akhirnya diketahui cara agar bisa keluar adalah dengan menenangkan hati dan menghilangkan niat buruk, tidak lama berselang para petugas tadi bisa keluar.

Hutan Nusakambangan 1

Tidak hanya dihutan, dilapasnya juga sering terjadi hal-hal sefram lainnya, memang tidak mengherankan karena penjara ini sudah ada sejak zaman Belanda.

Itulah beberapa alasan mangapa lapas nusakambangan dijuluki penjara paling mengerikan di Indonesia, mungkin anggapan ini bisa berbeda karena pernah ada tahanan(Johny Indo) yang sudah mendekam 14 tahun disana, dia mengatakan para petugas di nusakambangan sangat ramah.

Terlepas dari itu semua, kita yang masih bisa menghirup udara segar hendaknya berhati-hati dan jangan sampai melanggar aturan hukum, jika tetap membangkang, bisa jadi nusakambangan menjadi tempat terakhir bagi kalian.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *