Sejarah dan Mitos Pantai Menganti

Seperti halnya wisata lain di berbagai daerah, pantai menganti juga memiliki sejarah dan mitos yang dipercayai oleh warga sekitar.

Asal muasalnya adalah dari kisah persahabatan antara dua orang alim yaitu Sunan Gresik dan Syekh Subakir.

Saat itu, ketika mereka melakukan dakwah untuk menyebarkan agama islam, Sunan Gresik dan Syekh Subakir berpisah di pantai menganti dan berjanji untuk bertemu di pantai ini suatu hari nanti.

Ketika tiba waktu pertemuan yang sudah disepakati, Sunan Gresik menunggu hingga waktu yang sangat lama sebelum akhirnya bertemu dengan sahabatnya itu.

Lama waktu pertemuan antara Sunan Gresik dalam menunggu Syekh Subakir itulah yang menjadi nama pantai ini.

Menganti yang menjadi nama pantai ini diambil dari kisah menanti Sunan Gresik dan Syekh Subakir, yaitu menanti atau menganti atau dalam bahasa indonesia adalah menunggu.

Selain kisah persahabatan antara Sunan Gresik dan Syekh Subakir, ada juga mitos yang melarang pengunjung mengenakan baju hijau.

Konon mitos ini ada kaitannya dengan kisah Nyi Roro Kidul yang biasa dipercayai adalah penunggu pantai selatan.

Keindahan Pantai Menganti

Pantai menganti adalah pantai yang terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengan nama pantai ini, apalagi bagi kalian yang berasal dari luar Jawa Tengah. Pantai menganti memang belum sepopuler pantai-pantai di Bali, Papua atau Lombok, namun bukan berarti pantai ini tidak lebih indah dari pantai-pantai terkenal di Indonesia.

Pantai yang terletak di ujung Samudera Hindia ini memiliki banyak spot cantik yang bakal membuat kalian betah berlama-lama di pantai ini.

Penasan bagaimana indahnya pantai ini? Mari simak ulasannya sampai akhir.

1. Jembatan Merah

Jembatan Merah Pantai Menganti

Spot ini masih tergolong baru. Jembatan merah atau biasa dikenal dengan sebutan jembatan cinta, jembatan ini mengubungkan antara bukit di salah satu pantai menganti dengan pulau karang di tepian laut.

2. Gazebo di Tepian Bukit

gazebo 1

Tidak jauh dari jembatan merah, kalian bisa menemukan pulau gazebo untuk berteduh sekaligus menikmati indahnya Samudera Hindia dari ketinggian. Tarif yang ditawarkan untuk menyewa gazebo ini hanya 10k kalian sudah bisa bersantai ria di gazebo yang dibuat dari jerami.

3. Bukit Sigatel

bukit sigatel

Ternyata bukit tempat gazebo-gazebo tadai berdiri adalah bukit sigatel, bukit ini tidak terlalu tinggi jadi akan sangat mudah bagi kalian yang ingin mendaki dan melihat panorama pantai dari atas.

4. Tanjung Karang Bata

lembah menguneng 1

Tanjung karang bata adalah salah satu jejak gunung api purba di pesisir pulau jawa. di area tanjung karang bata ini, kalian bisa menikmati panorama indah apalagi jika menjelang matahari terbenam, ditambah dengan adanya hilir mudik perahu nelayan menambah indahnya spot tanjung karang bata ini.

5. Sepeda Gantung

sepeda gantung pantai menganti kebumen e1569397270655 1024x573 1

Bagi kalian yang hobi fotografi & ingin menambah koleksi foto kalian, spot sepeda gantung ini bisa banget diandelin, untuk bisa menaiki sepeda gantung ini kalian perlu membayar 20k. Tapi tenang, meskipun hanya 20k akan tetapi keselamatan kalian tetap terjamin ko.

6. Balon Udara

34798708 207096849925769 1995405732291280896 n

Ada lagi spot menarik lain yang tidak kalah instagramabel selain sepeda gantung tadi yaitu balon udara, letaknya ada di samping tebing keteb widadari, meski tidak terbang bebas ke udara melainkan hanya naik turun, sensasi naik balon udara ditepian tebing dengan panorama laut wajib banget kalian cobain

7. TPI (Tempat Pelelangan Ikan)

Tempat Pelelangan Ikan

Kalian lapar setelah seharian berkeliling di area pantai menganti? Wajib nih isi perut di TPI, bukan hanya TPI namun ada juga warung-warung disekitar TPI yang menyediakan bermacam olahan laut segar yang langsung ditangkap oleh para nelayan disana

8. Tebing Keteb Widadari

tebing keteb widadari

Diapit oleh tebing kars yang menjulang tinggi atau warga sekitar menyebutnya dengan istilah tebing keteb widadari, sebelum sampai ke pantai mnganti kalian bisa berhenti sejenak untuk menikmati keindahan Samudera Hindia dan pegunungan kidul dari atas tebing keteb widadari ini.

9. Pantai Pasir Putih

Pantai Pasir Putih

Spot cantik ini tidak lain dan tidak bukan adalah pantai menganti itu sendiri, berbeda dengan pantai disekitarnya, pantai menganti ini memiliki warna pasir yang putih bersih dengan ombak yang tidak terlalu tinggi menjadikannya sangat cocok bagi kalian yang ingin berlibur membawa keluarga bahkan anak kecil sekalipun. Dibelakang pantai menganti ini adalah tebing kars yang tinggi menjulang atau dikenal tebing keteb widadari yang kalian lewati dari atas tadi.

10. Lembah Menguneng

tanjung karang bata 1

Menawarkan panorama bukit dan lembah serta bentangan Samudera Hindia yang luas, di daerah lembah menguneng ini juga ditawarkan fasilitas homestay. Kapan lagi kalian bisa menginap dengan pemandangan pegunungan serta Samudera Hindia

11. Puncak Gunung Tugel

gunung tugel

Spot baru yang berada di pantai menganti dimana di area tersebut kita akan di suguhi pemandangan laut dari atas puncak gunung tentunya dengan sensasi yang berbeda hanya ada di pantai menganti.

Itu tadi adalah beberapa spot yang ada di pantai menganti seru banget kan spot-spot di pantai menganti ini. Bagi kalian yang mencari destinasi wisata di Jawa Tengah, recomended banget nih pantai menganti.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *