Persiapan traveling adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum kalian bepergian ke tempat baru apalagi belum pernah dijelajahi. Merasa bahagia karena pergi ke tempat yang baru dan berbeda, membuat banyak orang rela meninggalkan pekerjaan dan kehidupannya yang nyaman, agar dapat merasakan perjalanan ke seluruh penjuru dunia.

Bepergian juga bisa menjadi terapi alternatif bagi Anda yang sedang stres dan ingin sejenak melepaskan diri dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari. Luangkan waktu sejenak, kemasi barang-barang Anda dan pergi bepergian ke tempat yang indah, untuk menghilangkan stres, dan beban pikiran.

camera 1130731 1920

Meskipun bepergian untuk bisnis, persiapan traveling tetap harus dilakukan agar perjalanan kalian nyaman, terutama bagi Anda yang belum pernah bepergian jauh sebelumnya. Perasaan terlalu bersemangat atau terlalu berlebihan ini, terkadang membuat banyak pelancong pemula kurang berhati-hati dalam membuat persiapan sebelum berangkat untuk bepergian.

Baca Juga :

Begitu senangnya bepergian, ada hal-hal yang terlupakan saat melakukan persiapan traveling sebelum perjalanan. Akibatnya, tidak sedikit yang mengalami ketidaknyamanan, karena kurang dalam persiapan traveling penting yang harus mereka lakukan sebelum pergi.

Karena itulah untuk mencegah hal-hal yang kurang menyenangkan saat bepergian, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan di persiapan traveling sebelum berangkat. Pastikan untuk melakukan daftar periksa untuk semua yang Anda persiapkan sebelum bepergian, oke?

Berikut rangkuman Persiapan traveling yang harus kalian lakukan agar liburan kalian lebih aman dan nyaman

Buat Daftar Rencana Perjalanan

journey 1130732 1920

Yang pertama harus dilakukan dalam persiapan traveling adalah membuat daftar rencana perjalanan hampir seperti Anda membuat daftar hal-hal penting sebelum perjalanan. Buat daftar tempat untuk dikunjungi, pakaian apa yang akan dibawa, berapa lama Anda ingin bepergian, bujet, dan sebagainya. Buat daftar perjalanan sejelas mungkin, sehingga apa yang terlewat saat mempersiapkan perjalanan perjalanan ini. Pilih dan pilah yang mana yang penting, dan harus diprioritaskan saat Anda bepergian.

Tentukan Waktu yang Tepat

hourglass 620397 1920

Bagi kita yang tinggal di daerah tropis, melihat salju adalah mimpi ketika bepergian ke negara-negara subtropis. Itu sebabnya jika Anda memiliki rencana untuk menikmati musim dingin, Persiapan traveling penting yaitu untuk menentukan waktu yang tepat untuk bepergian. Datang ke Eropa atau Amerika pada bulan November atau Desember, adalah saat yang tepat bagi Anda untuk melihat salju.

Atau bagi mereka yang ingin berangkat umroh, pastikan ketika bepergian tidak mendekati musim haji karena pada saat itu kota Mekah akan ditutup beberapa saat untuk menyambut jamaah dari seluruh dunia. Perhatikan juga suhu dan cuaca di tujuan perjalanan Anda. Temukan informasi yang dapat diandalkan tentang kondisi cuaca dan iklim di tujuan tempat Anda bepergian.

Pemesanan Tiket di Awal

shopping online 4467847 1920

Salah satu Persiapan traveling penting yang harus Anda persiapkan sebelum bepergian, adalah memesan tiket lebih awal sebelum keberangkatan. Dengan memesan tiket di muka, risiko kehabisan tiket tentu bisa dihindari. Sebelum memesan tiket, cari tahu berapa kisaran harga untuk moda transportasi yang Anda gunakan.

Jangan memesan tiket sebelum Lebaran atau liburan, ini karena pada saat itu sejumlah moda transportasi meningkatkan biaya tiket transportasi mereka. Dengan memesan tiket di muka, Anda memiliki sedikit waktu untuk mempersiapkan perjalanan Anda. Untuk memesan tiket ini, Anda dapat datang ke agen perjalanan secara langsung atau lebih praktis melalui aplikasi perjalanan yang saat ini masuk

Siapkan Akomodasi

hotel 1749602 1920

Jika Anda ingin bepergian untuk tujuan liburan, persiapan traveling yang harus anda lakukan adalah menyiapkan akomodasi bahkan sebelum melakukan perjalanan ini. Akomodasi ini mencakup hotel atau penginapan tempat Anda akan tinggal sementara.

Apakah Anda akan menginap di hotel berbintang dengan suite mewah, atau akomodasi sederhana dan homestay yang lebih terjangkau. Cari tahu dan bandingkan harga kamar hotel yang Anda inginkan. Perhatikan juga ulasan orang-orang yang pernah tinggal, dan gunakan fasilitas di tempat itu.

Setelah merasa benar, segera pesan kamar hotel atau tempat penginapan Anda. Sama seperti pemesanan tiket, banyak aplikasi pada ponsel cerdas untuk pemesanan kamar hotel. Dengan memesan hotel bahkan sebelum pergi, setidaknya setelah lelah karena perjalanan Anda dapat segera beristirahat tanpa harus sibuk mencari tempat lain untuk beristirahat.

Jika Anda bepergian menggunakan kendaraan Anda sendiri, ada baiknya melakukan servis terlebih dahulu untuk memastikan kendaraan Anda siap dan layak untuk bepergian.

Jaga Kondisi Tubuh

women 1178187 1920

Selain menyenangkan, nama traveling juga melelahkan. Terutama jika Anda bepergian ke tempat yang sangat jauh, di luar negeri, misalnya. Itu sebabnya sebelum pergi Persiapan traveling nya adalah untuk memastikan tubuh dalam kondisi prima dan prima. Lebih baik sebelum pergi, Anda melakukan pemeriksaan kesehatan apakah kondisi tubuh fit dan cocok untuk perjalanan jauh.

Beristirahat banyak dan berolahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau berenang untuk menjaga tubuh Anda dalam kondisi prima. Dengan kondisi tubuh yang prima, perjalanan Anda akan lebih menyenangkan. Bagi mereka yang bepergian menggunakan kendaraan sendiri, jangan memaksakan diri untuk mengemudi jika mata lelah dan mengantuk. Cukup istirahat dulu, sebelum melanjutkan perjalanan dengan tubuh yang bugar dan lebih bugar.

Siapkan Obat-Obatan

thermometer 1539191 1920

Bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, sebelum bepergian Persiapan traveling anda adalah harus menyiapkan obat-obatan untuk diminum. Beberapa penyakit tertentu hanya dapat diatasi dengan obat-obatan dari resep dokter. Itulah mengapa pertama-tama datanglah ke dokter tempat Anda berlangganan, untuk meminta obat yang akan diminum saat bepergian.

Periksa Paspor dan Visa

map 3578213 1920

Bagi yang akan bepergian ke luar negeri, persiapan traveling yang harus dilakukan adalalah untuk memeriksa kelengkapan dokumen penting seperti paspor, visa dan sebagainya. Paspor Anda harus siap setidaknya 6 bulan, sebelum Anda bepergian ke negara tertentu. Tetapi ada juga maskapai yang menganggap paspor hanya berlaku 6 bulan setelah Anda kembali ke rumah.

Yang terpenting dalam persiapan traveling jika anda pergi ke luar negeri adalah untuk pastikan paspor Anda masih valid dan valid. Karena mengurus paspor ini juga rumit, pastikan sekuritas ini sudah siap terlebih dahulu sebelum Anda pergi bepergian. Selain itu, visa juga merupakan dokumen penting yang harus disiapkan. Tetapi sebelum itu cari tahu apakah negara tujuan Anda saat bepergian memerlukan visa atau tidak.

Titipkan Rumah dan Hewan Peliharaan

barack obama and bo 1174486 1920

Persiapan traveling selanjutnya jika anda bepergian bersama dengan seluruh keluarga, jangan lupa meninggalkan hewan peliharaan Anda untuk merawat dan mendapatkan makanan. Sekarang ada banyak hotel hotel yang dapat digunakan untuk meninggalkan hewan peliharaan Anda. Atau jika tidak, Anda dapat meninggalkan hewan peliharaan dengan tetangga atau keluarga dekat Anda.

Selain hewan peliharaan, Anda juga harus meninggalkan rumah ke tetangga atau orang terdekat. Jika rumah akan dibiarkan dalam waktu lama, hubungi RT atau RW setempat dan tetangga dekat untuk memastikan rumah tersebut aman dari pencuri. Sebelum pergi, pastikan juga Anda mematikan kompor dan peralatan elektronik lainnya, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,

Siapkan Kartu Kredit dan ATM

credit card 1583534 1920

Jika bepergian ke luar negeri, mata uang negara tujuan harus disiapkan. Selain uang tunai dari negara tujuan, Anda juga harus menghasilkan uang dalam bentuk lain. Kartu kredit dan ATM dapat dibawa saat bepergian. Meski begitu pastikan ATM yang Anda gunakan memiliki logo VISA atau Master Card, sehingga dapat digunakan secara global. Untuk kartu kredit, Anda dapat menetapkan batasan berapa biayanya saat bepergian sehingga tagihan tidak tiba-tiba membengkak dan membebani Anda.

Persiapan Traveling yang satu ini lumayan penting untuk bepergian, terutama jika Anda berada di luar negeri, Anda harus terlebih dahulu datang ke bank untuk berlangganan untuk memastikan bahwa baik ATM atau kartu kredit Anda dapat digunakan secara internasional.

FotoCopy semua dokumen dan surat penting

passport 3127935 1920

Persiapan Traveling yang terakhir sebelum berangkat untuk bepergian, adalah untuk menyalin foto dokumen dan surat penting yang Anda bawa. Dokumen yang harus difotokopi seperti paspor, visa, tiket penerbangan dan identitas pribadi.

Selain hard copy yang wajib Anda simpan dengan benar, pastikan Anda memiliki soft copy dokumen penting dalam bentuk file yang dapat disimpan dalam email atau Dropbox. Memiliki salinan dokumen dalam bentuk fisik atau file yang baik akan membantu jika paspor, tiket, dan dokumen penting Anda hilang saat bepergian. Dengan memiliki salinan, setidaknya menangani dokumen ini akan lebih sederhana dan tidak bertahan lama.

Itulah tadi ulasan tentang Persiapan Traveling, semoga dapat membantu kalian dalam melakukan persiapan traveling kalian.


5 Komentar

Yohanes · Maret 4, 2021 pada 10:00 pm

Lanjutkan

Saad · Maret 5, 2021 pada 5:42 am

Wah ini berguna sekali buat yg mau jadi musafir. Thank mas bro….

    ilybee · Maret 7, 2021 pada 2:27 am

    sama sama mas semoga bermanfaat

Grilee · Maret 12, 2021 pada 3:48 pm

Wah mantap.. dibahas tuntas..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *