Pulau Raja Ampat Papua yang berada di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Kepulauan yang berada di ujung barat laut papua ini memang namanya sudah terkenal ke penjuru dunia sebagai “tambang emas” pagi para pehobi petualangan. Sedangkan bagi yang hobi menyelam, keeindahan bawah lautnya dikatakan seperti “surga” dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Jika kalian tidak percaya dengan semua julukan yang diberikan wisatawan, kalian bisa membuktikan sendiri dengan cara datang langsung mengunjungi “sang mutiara” di ujung papua ini.

raja ampat 4

Raja Ampat adalah sebuah kabupaten yang merupakan bagian dari Provinsi Papua Barat. Untuk bisa sampai ke tempat ini, kalian harus tiba di kota Sorong terlebih dahulu. Kebanyakan wisatawan menggunakan transportasi udara untuk sampai di tempat ini. Setelah tiba diSorong, kita bisa menggunakan kapal cepat yang bisa berlayar 2x sehari menuju Waisai, ibu kota kabupaten dari Raja Ampat. Perjalanan hanya memakan waktu 2-3 jam dari pelabuhan Sorong hingga sampai di pelabuhan Sorong.

Secara umum, Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri dari banyak pulau karang dan tersebar luas di seluruh wilayah kepulauan Raja Ampat. Meski begitu, Raja Ampat memiliki 4 pulau utama, pulau utama tersebut merupakan yang paling besar diantara pulau yang lainnya, ke 4 pulau ini adalah Pulau Weigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. 4 pulau ini adalah pulau yang menjadi titik awal penyebaran seluruh penduduk Raja Ampat yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. Wilayah perairan adalah daya tarik utama di kepulauan Raja Ampat ini mengingat memang Raja Ampat masuk ke dalam 10 perairan terbaik di dunia.

Sebuah laporan badan konversasi naional pernah menyebutkan jika di kepulauan Raja Ampat mempunyai sekitar 75% spesies laut dunia. Bahkan, kepulauan Raja Ampat juga menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan spesies biota laut lainnya. dengan banyaknya spesies yang ada di Raja Ampat, tak heran jika Raja Ampat dijuluki surga bawah laut dunia.

terumbu karang bawah laut raja ampat

Tidak hanya dibawah laut, alasan Raja Ampat dijuluki Surga di Indonesia Bagi Para Wisatawan masih berlanjut di atas permukaan lautnya. Banyak sekali pantai-pantai yang indah tersebar diseluruh kepulauan Raja Ampat. Hampir semua pantai yang berada di Raja Ampat memiliki pasir berwarna putih dan kehalusan pasirnya yang seperti tepung. Hutan-hutan tropis juga tak kalah indahnya, bahkan ada beberapa tempat seperti desa Sawinggrai atau desa Saporkrein yang menyuguhkan pengalaman melihat burung Cendrawasih, burung Cendrawasih sendiri merupakan burung langka dan asli dari papua dan dijuluki sebagai burung surga.

Tak hanya kekayaan alam, Raja Ampat juga memiliki banyak kebudayaan dan kesenian yang sangat menarik. Beberapa desa di Raja Ampat juga sudah mengukuhkan diri menjadi desa wisata, salah satunya adalah desa Arborek.

Berbagai peninggalan sejarahpun banyak sekali terdapat di kepulauan yang masih memiliki hubungan dengan kesultanan Tidore, Maluku. Mulai dari penduduknya yang masih memiliki darah kerajaan Tidore Maluku, sisa peninggalan perang dunia 2, sampai goa dengan tulisan tangan manusia purba. Membahas keindahan kepulauan Raja Ampat tidak akan ada habisnya, hal inilah yang menjadikan Raja Ampat masih berjaya hingga saat ini.

Situs Lukisan tepi pantai di Raja Ampat

Berbagai keindahan dari Raja Ampat membuat dunia berdecak kagum. Saat ini Raja Ampat menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal di dunia, Hanya saja karena akses yang terbatas dan biaya yang diperlukan juga tidak sedikit, membuat banyak wisatawan hanya bisa mengagumi keindahannya lewat internet tanpa bisa datang langsung ke tempatnya. Namun tak perlu khawatir karena semakin hari Raja Ampat juga semakin berbenah.

Kisah Raja Ampat

Hampir semua tempat di indonesia memiliki kishnya masing-masing, begitu juga dengan Raja Ampat, konon, nama Raja Ampat diambil dari 7 telur yang yang ditemuka oleh wanita leluhur. 4 diantaranya menetas menjadi pangeran yang kelak akan menjadi Raja atas 4 pulau besar yaitu Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool. Sedangkan 3 telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita dan sebuah batu. Kisah ini yang dipercaya turun temurun oleh masyarakat yang tinggal di Raja Ampat. Memang sedikit aneh, tapi inilah kisah awal keindahan Raja Ampat.

Destinasi Wisata di Raja Ampat

1. Misool – Menjelajah Keindahan

misol

Jika kalian sudah di Misool, berarti kalian sudah resmi berada di Raja Ampat. Disinilah petualangan kalian ke Indonesia Timur dimulai.

Kalian bisa menyelami setiap bagian dari 4 pulau besar di Raja Ampat untuk mendapat keindahan yang tidak akan bisa diungkapkan dengan kata-kata.

2. Star Lagoon – Laguna di Tempat yang Luar Biasa

star lagon

Star Lagoon? Seperti namanya, laguna ini memang berbentuk bintang, lokasinya berada di pulau Pianemo. Pemandangan dari atas bukit saja sudah menggambarkan bagaimana indahnya laguna ini.

Namun agar lebih bisa merasakan indahnya star lagoon ini, kalian bisa langsung berenang di tempat ini.

3. Batu Pensil – Monumen Alami yang Ikonik

Wisata Hits Batu Pensil Raja Ampat Papua Barat

Tebing karang yanng menjulang tinggi ini menjadi ikon tersendiri yang popular sebagai spot foto karena bentuknya yang seperti pensil, perlu diketahui bahwa bentuk menyerupai pensil ini didapat alami dari alam tanpa ada campur tangan manusia.

4. Wayang – Ikon Utama Raja Ampat

Raja Ampat Islands Panorama

Pulau Wayang adalah sekumpulan batuan karang yang ditumbuhi oleh pepohoan, letaknya di tegah laut berwarna hijau dengan hiasan alami warna biru dari air laut menjadikan tempat ini sangat mendunia.

Tidak sulit untuk mendapat moment indah disini, berfoto dengan background Wayang adalah keharusan jika kalian berada di Raja Ampat,

5. Desa Arborek – Desa Wisata dan Spot Diving

desa arborek

Di pulau Arborek, kalian bisa menemui warga asli Raja Ampat, pulau ini harus kalian kunjungi jika ingin mengetahui adat dan keindahan desa serta spot diving yang luar biasa indah. Warga disini juga sangat ramah, mereka siap menyambut siapapun yang berkunjung ke desanya.

6. Pasir Timbul – Pulau yang Hanya Berpasir Putih

Pasir Timbul Beach in Raja Ampat Indonesia

Lokasinya berada dekat dengan pulau Mansuar. Seperti halnya pulau pasir lainnya, pulau ini akan menunjukan keindahan pasir putihnya saat air laut sedang surut.

Inilah moment yang pas buat kalian berfoto ria sebelum pulau ini hilang terkena laut pasang.

7. Desa Wisata Sauwandarek – Kearifan Lokal dan Keceriaan

7 2 Sauwandarek By dustinriyadi

Satu lagi disa wisata yang bisa kalian kunjungi, kearifan lokal dan cerianya warga disini mungkin akan membuat anda malas untuk buru-buru pulang.

Selain itu, disekitar desa Sauwandarek juga terdapat banyak spot wisata untuk bisa menikmati terumbu karang khas Raja Ampat.

8. Desa Sawinggrai – Tempatnya Burung Cendrawasih

8 4 Sawinggrai

Bagi kalian yang ingin melihat hewan asli papua yang langka burung Cendrawasih, kalian bisa datang langsung ke habitatnya si desa Sawinggrai. Namun kalian harus siap bangun lebih awal dan menyiapkan celana panjang serta sepatu dan tidak membuat suara-suara jika ingin menjumpai burung ini.

9. Pianemo – Spot Asik Menikmati Raja Ampat

pianemo

Dari spot ini kalian bisa menikmati keindahan Raja Ampat dari ketinggian. Gugusan batu karang serta laut yang biru bisa dilihat dari spot ini.

Karena keindannya, tak jarang wisatawan menjulukinya sebagai mini Raja Ampat ataupun Surga di Indonesia Bagi Para Wisatawan.

10. Air Terjun Batanta – Penyejuk yang Menyegarkan

Wisata Hits Air Terjun Batanta Raja Ampat Papua

Air Terjun Batanta ini menjadi kejutan lain bagi kalian yang berkunjung ke Raja Ampat, karena selain laut, Raja Ampat juga mampunyai air terjun yang sangat indah.

Selain indah. air terjun Batanta juga bisa dijadikan sebagai penyejuk tubuh setelah seharian bermain dipantai dan berenam di air asin.

Itulah beberapa alasan kenapa Raja Ampat dijuluki Surga di Indonesia Bagi Para Wisatawan.

Selalu jaga kelestarian alam indonesia dengan tidak membuang sampah sambarangan dan tidak merusak sesuatu apapun.


14 Komentar

Nabil · Juli 25, 2020 pada 12:34 pm

Keren bro

Vivek · Juli 26, 2020 pada 3:52 am

Nice article buddy!

Sparkmysoul · Juli 26, 2020 pada 12:09 pm

Great post

animblo · Juli 26, 2020 pada 1:10 pm

dari dulu pengen kesitu om… tp mentok pindah pulau cuma sampe bali

    ilybee · Juli 26, 2020 pada 1:24 pm

    kalo ada rejaki coba om, sapa tau jodohnya disana wkwk

ABHISHEK KASERA · Juli 26, 2020 pada 1:36 pm

nice content….really liked while reading..
you may also visit my blog by clicking below..

who will cry when you die

ABHISHEK KASERA · Juli 26, 2020 pada 1:42 pm

very nice content and good way of describing everything…
you may also visit my blog by clicking below..

who will cry when you die

    Tulus · Juli 26, 2020 pada 5:44 pm

    Konten yg menarik.

Shubhankar mishra · Juli 26, 2020 pada 5:17 pm

Nice writing…good pictures

Studykuy · Februari 21, 2021 pada 8:46 am

Asli ini sangat keren sihh

Kanx ifoel · Februari 21, 2021 pada 8:58 am

Menarik, da lama pengen kesana blm kesampean.. Sedikit masukan aja buat kalimat baca juga sebaiknya gunakan tanda baca : ketimbang =

Mayuf · Februari 21, 2021 pada 9:36 am

Indah banget ya ,jadi pengin hehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *