Meskipun bulan madu bukan merupakan bagian dari seremonial pernikahan, akan tetapi bulan madu adalah momen penting bagi pasangan yang baru menikah. Setelah serangkaian acara pernikahan yang membuat lelah, bulan madu menjadi salah satu opsi utama untuk menghilangkan rasa lelah sekaligus menikmati quality time bersama pasangan.

pairs 1779065 1920

Bulan madu memang sangat identik dirayakan oleh mereka para pengantin baru, namun bagi kalian yang sudah lama menikah dan ingin mempererat serta menambah romantisme dalam keluarga tidak ada salahnya melakukan bulan madu ke-2 kalinya.

Kalian tidak perlu jauh-jauh mencari tempat bulan madu di luar negri. Karena di Indonesia saja sudah sangat banyak tempat untuk menikmati hari-hari bahagia kalian. Mulai dari yang menawarkan keindahan pantai, hingga sejuknya pegunungan dapat kalian temui dengan mudah di Indonesia, serta yang paling penting adalah tempat-tempat berikut tidak akan kalah indah jika dibandingkan dengan tempat di luar negri.

Berikut ini adalah rekomendasi tempat bulan madu paling romantis di Indonesia.

1. Gili Trawangan-Lombok

gili trawangan

Bukan rahasia lagi jika Gili Trawangan adalah tempat favorit bagi pasangan yang baru menikah. Selain tempat yang indah serta romantis, biaya yang ditawarkan untuk bulan madu di sini juga relatif murah.

Ada banyak sekali tempat romantis yang dapat di kunjungi jika kalian bulan madu di sini, diantaranya ada pemandangan bawah laut, tempat konservasi penyu serta masih banyak sekali tempat romantis lainnya.

Untuk penginapan 2 malam di Gili Trawangan ini dipatok dengan harga Rp 3000.000,00 serta akomodasi termasuk makan dan sewa alat wisata adalah Rp 2.500.000,00.

2. Pulo Cinta-Gorontalo

pulo cinta

Kalian punya impian untuk menghabiskan malam romantis kalian di Maldives? Tidak perlu jauh-jauh kalian kesana karena di Gorontalo juga memiliki tempat bulan madu yang tidak kalah indah jika dibandingkan dengan maldives.

Di pulo cinta yang berbentuk seperti hati ini, kalian bisa bermalam dan menikmati dinner yang sangat romantis di cottage yang terapung di laut.

Memiliki latar belakang birunya laut serta pemandangan langit yang penuh bintang di malam hari serta suara deburan ombak yang menyegarkan pikiran, dijamin bulan madu di pulau ini tak akan terlupakan.

Tidak hanya bermalam, kalian juga bisa diving sambil menikmati keindahan Salvador Dali, atau coral besar yang cantik dan hanya tumbuh di lautan Gorontalo.

3. Karimun Jawa-Jawa Tengah

karimun jawa

Karimun Jawa adalah kepulauan yang terletak di provinsi jawa tengah. Karimun Jawa adalah salah satu tempat terbaik yang bisa kalian jadikan tempat bulan madu dengan pasangan.

Putihnya pasir pantai dan birunya air laut semakin menambah romantisme kalian dengan pasangan. Kalian juga bisa mengunjungi Island Hopping yang disana kalian bisa menikmati kuliner seafood lokal yang lezat.

Jika kalian ingin bulan madu di karimun jawa, kalian tidak perlu khawatir masalah biaya yang mahal, karena di karimun jawa ini tersedia berbagai macam paket dengan kisaran kurang dari Rp 5.000.000,00

4. Ubud-Bali

Ubud Bali

Beredar banyak sekali kabar jika Ubud Bali ini adalah tempat yang paling cocok untuk dijadikan referensi bulan madu di Indonesia. Tempat ini sangat penuh dengan ketenangan serta romantisme tentunya, ubud inin merupakan tempat yang dikelilingi oleh sawah serta hutan hijau sehingga sangat cocok bagi kalian yang suka nuansa alam.

Selain itu, Ubud juga memiliki tenpat eksotis dan pas bila dijadikan tempat bulan madu, seperti Museum Seni, Gua Gajah, Pura Ulun Danu, dan tempat wisata menarik lainnya.

Di Ubud juga menawarkan banyak sekali penginapan dari harga paling terjangkau serta harga paling mahal sekalipun, umumnya penginapan di villa per 2 malam dipatok hara Rp 3.000.000,00.

5. Nusa Peninda-Bali

Nusa Penida island tour

Masih di Bali. Nusa Peninda adalah pulau yang terletak di bagian tenggara Bali. Di Nusa Peninda terdapat banyak sekali tempat wisata romantis bagi kalian dan pasangan diantaranya ada Crystal Bay, Goa Giri Putri, Pantai Klingking, Pura Paluang dan tempat wisata romantis lainnya.

Jika kalian berminat bulan madu disini, estimasi biaya yang anda perlukan adalah Rp 7.000.000,00 – Rp 9.000.000,00.

6. Pulau Komodo-Nusa Tenggara Timur

pulu komodo

Kalian bisa bayangkan jika bulan madu sembari melakukan petualangan yang romantis? jika belum, kalian bisa banget untuk mengunjungi pulau komodo sebagai tempat bulan madu bagi kalian dan pasangan kalian.

Pulau komodo ini menawarkan banyak sekali objek wisata yang natural serta romantis, contohnya ada pulau kelor, pulau padar ataupun pantai pink. Selain tempat wisata tadi, kalian juga bisa mencoba sesuatu yang lebih menantang yaitu bermain bersama komodo di pulau komodo dan pulau rica.

Kalian juga bisa berlayar mengelilingi pulau komodo ini untuk lebih merasakan keindahannya bahkan kalian juga bisa menginap di kapalnya jika budget kalian mencukupi.

Estimasi biaya yang ditawaran untuk bulan madu selama 2 malam di pulau komodo ini berkisar antara Rp 8.000.000,00 – Rp 9.000.000,00 sudah termasuk tiket pesawat, hotel, makan dan transportasi. Dan apabila kalian menginginkan bermalam di kapal selama 2 hari juga, kalain cukup menambahkan Rp 5.000.000,00 untuk 1 kapal yang dapat dipakai untuk 2 orang.

7. Pulau Moyo-Nusa Tenggara Barat

pulau moyo

Pulau Moyo direkomendasikan sebagai tempat untuk bulan madu karena di pulau ini sangat banyak sekali tempat yang bisa kalian eksplore. Jika kalian dan pasangan bulan madu disini, kalian bisa menjelajahi banyak sekali tempat romantis serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya, diantaranya yaitu berlayar, trekking, hingga diving.

Selain itu, pulau moyo ini juga memiliki pantai yang sangat indah, disini pula tedapat banyak sekali penginapan, mulai dari yang murah hingga yang mahal sekalipun, semua tergantung kondisi keuangan kalian.

Paket tour di pulau moyo ini berkisar antara harga Rp 8.000.000,00 – Rp. 10.000.000,00 untuk setiap pasangan.

8. Pantai Ora-Maluku

pantai ora

Pantai Ora dinilai sebagai tempat bulan madu terbaik di Indonesia, Pantai ini sangat cocok dijadikan tempat bulan madu karena memilki penginapan berbentuk rumah panggung di atas laut.

Indahnya tempat penginapan ditambah dengan latar belakang perbukitan Taman Nasional Manusela. Selain itu disini juga disuguhkan pemandangan pasir putih yang begitu bersih, kalian juga bisa diving serta snorkling hingga kedalaman 2-3 meter.

Jika ingin menikmati bulan madu di pantai ora, kalian perlu menyiapkan dana sekitar Rp 10.000.000,00 biaya tersebut sudah termasuk tiket pesawat, cottage, makan, serta sewa kendaraan. Akan tetapi biaya tersebut belum termasuk biaya sewa alat diving dan snorkling, tapi tenang, kalian bisa membawanya sendiri jika ingin sedikit berhemat.

9. Pantai Tanjung Kelayang-Belitung

Pantai Tanjung Kelayang

Di pantai tanjung kelayang ini ada banyak sekali pantai-pantai cantik yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi kalian dan pasangan kalian.

Pantai-pantai di Belitung memang sangat terkenal akan keindahannya, pasir putih serta air laut yang berwarna biru dan batu-batu raksaksa berjejer disepanjang pantai.

Tak hanya keindahan pantainya, belitung juga menawarkan kuliner khas yang siap memanjakan lidah kalian serta pasangan kalian.

10. Gili Nangu-Lombok

gili nanggu island

Saat mendengar kata Lombok mungkin yang terlintas di pikiran kalian adalah gili trawangan. Tapi tunggu, ternyata ada lagi tempat di Lombok yang bisa dikatakan lebih bagus dari Gili Trawangan. Ialah Gili Nangu.

Karena tempat ini belum terlalu banyak dikunjungi oleh wisatawan., kalian dan pasangan kalian akan seperti memiliki pulau pribadi saat datang ke Gili Nangu ini.

Di pulau ini kalian bisa menikmati aktifitas seperti snorkling untuk menikmati keindahan bawah laut atau hanya sekedar berjalan di bibir pantai sembari meninkmati deburan ombak kecil.

Bermalam di resort tradisional yang atapnya terbuat dari jerami akan membuat momen bulan madu kalian dan pasangan akan sangat romantis.

Itulah tadi rekomendasi tempat bulan madu di Indonesia mulai dari yang bernuansa pantai hingga keindahan pulau yang dihuni oleh binatang langka, semau tergantung minat dan budget kalian.

Jangan sampai bulan madu kalian menjadi bencana karena asal-asalan memilih tempat. Semoga 10 referensi tempat bulan madu di Indonesia di atas bisa membantu kalian dan pasangan kalian untuk menentukan tempat mana yang paling baik. Happy Honeymoon!


2 Comments

Sushant · July 25, 2020 at 9:06 pm

Nice blog. Keep it up.

Ayu · July 28, 2020 at 12:28 am

Semoga bisa secepatnya ke gilitrawangan kalo ngga ke karimunjawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *