Bepergian adalah salah satu hal yang menyenangkan. Habiskan waktu bepergian dan mengunjungi beberapa tujuan wisata. Saat ini bepergian telah menjadi keharusan untuk menghilangkan kepenatan akibat bekerja.

Bepergian tidak bisa dilakukan secara dadakan, pasti ada perencanaan yang matang untuk bepergian. Mulai dari lokasi, anggaran, hingga tempat menginap. Tetapi apa yang terjadi jika Anda bepergian dengan buget minimum? Tenang saja, jika kalian ingin bepergian dengan buget minimum, itu masih bisa dilakukan.

old 1130731 1920 1

Liburan ke luar negeri adalah pengalaman menarik yang harus dicoba semua orang. Berjalan dan merasakan kehidupan sehari-hari di negeri orang akan membuat Anda merasakan jantung berdebar. Terkadang biaya perjalanan ke luar negeri cukup mahal jika dibandingkan dengan pariwisata domestik.

Baca Juga :

Dari biaya transportasi yang mahal, biaya penginapan, biaya makanan, hingga biaya tak terduga yang akan Anda keluarkan selama perjalanan Anda. Semua orang pasti menginginkan liburan murah ke luar negeri. Pertama pahami tips bepergian murah yang bisa Anda coba. Berikut tips liburan murah ke luar negeri, gaya Backpacker:

1. Pilih Tanggal yang Tepat

calendar 660670 1920

Pilihan tanggal sangat penting untuk menekan rencana pengeluaran selama liburan. Saat dataran tinggi, biasanya harga pesawat dan penginapan bisa melonjak drastis. Selain itu, waktu liburan terkadang sangat menyebalkan, karena jalanan bisa sangat padat atau tempat wisata akan sangat penuh dengan orang.

Coba kalian berlibur pada hari normal. Meski terkadang kita harus mengorbankan waktu cuti dari bekerja, tetapi sisi positifnya adalah Anda bisa berlibur dengan suasana yang lebih tenang dan bisa mengurangi biaya dari harga tiket pesawat dan penginapan.

2. Survei Tiket Pesawat

still 2609682 1920

Tahukah Anda bahwa harga tiket pesawat terkadang lebih murah jika Anda memesan penerbangan pada pertengahan minggu, seperti Selasa dan Rabu? Selain itu, memesan tiket pesawat sebelum tanggal keberangkatan, harganya akan jauh lebih murah daripada memesan tiket beberapa hari sebelum berangkat.

Anda juga dapat membandingkan harga tiket pesawat di situs online untuk tujuan liburan, seperti Traveloka, Tiket, Airpaz, atau PegiPegi. Terkadang, setiap penyedia tiket penerbangan online menawarkan harga yang berbeda, karena setiap situs mengambil margin harga yang berbeda. Cari informasi sedetail mungkin, Anda juga bisa mendapatkan promo berbeda dari masing-masing penyedia layanan tiket penerbangan online.

3. Pilih Penginapan Alternatif

hotel 1330850 1920

Penginapan adalah hal kedua yang bisa dihabiskan untuk liburan Anda, selain transportasi. Hindari menginap di hotel, karena ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda bisa menginap di hostel yang relatif murah dibandingkan dengan hotel. Atau Anda bisa menumpang di kerabat atau kenalan.

Selain itu, Anda dapat mencoba beberapa situs layanan persewaan perumahan yang terkadang disewa untuk liburan, seperti situs airbnb. Jika Anda merasa nyaman tinggal di homestay penduduk setempat, Anda dapat memanfaatkan situs Couchsurfing yang merupakan situs jejaring sosial dan layanan dalam bentuk pertukaran keramahan atau Jaringan Perhotelan.

Situs yang menghubungkan pelancong dengan konsep menawarkan keramahtamahan gratis atau tempat tinggal. Hanya di sini Anda harus secara aktif berkomunikasi dengan anggota couchsurfing, sehingga Anda bisa mendapatkan kenalan baru dari luar negeri.

4. Ikuti Perjalanan Malam

airport 2373727 1920

Ini adalah salah satu solusi untuk mengurangi pengeluaran akomodasi sewa bagi Anda yang bepergian lebih dari satu kota atau negara. Anda diharuskan beristirahat saat bepergian, apakah menginap di bis yang sedang berjalan, atau di pesawat terbang. Karena itu pastikan Anda merasa nyaman dan terbiasa tidur saat bepergian. Jadi ketika Anda tiba di terminal kota tujuan, Anda tidak lagi mengantuk.

5. Gunakan Transportasi Umum

train 3384786 1920

Manfaatkan transportasi umum di suatu negara, seperti kereta api, bus, dan lainnya. Anda hanya akan dikenakan sejumlah biaya yang cukup terjangkau, sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran saat bepergian. Bayangkan saja jika Anda naik bus, Anda dapat menghemat sekitar 5-10 kali dibandingkan dengan naik taksi atau Uber, tergantung jarak.

Sebelumnya, Anda harus melakukan survei terlebih dahulu untuk menghafal dan mencari tahu tentang jadwal pengoperasian moda transportasi umum di area yang akan Anda kunjungi. Jadi Anda bisa berangkat dari penginapan dan kembali dengan selamat dan dengan biaya yang terjangkau.

6. Kunjungi Negara Bebas Visa

passport 2642170 1920 1

Biaya visa cukup memakan pengeluaran yang besar, terutama jika kalian berencana mengunjungi beberapa negara sekaligus dalam satu kali perjalanan travelling. Jika kalian mempunyai budget yang terbatas, liburan ke luar negeri tanpa visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) merupakan salah satu tips liburan murah ketika kalian ingin mengunjungi negeri orang lain.

Negara-negara ASEAN menerapkan sistem bebas visa untuk kunjungan WNI. Meski jaraknya tidak terlalu jauh dibandingkan dengan negara di benua lain, terdapat juga destinasi wisata yang menarik untuk di kunjungi di negara-negara ASEAN.

Selain beberapa negara ASEAN, kalian juga dapat mempertimbangkan perjalanan ke beberapa negara lainnya yang telah bebas visa, seperti Nepal, Maroko, Macau, dan Hongkong.

Yups! Mengunjungi negara bebas visa merupakan salah satu solusi liburan ke luar negeri yang murah. Bayangkan berapa banyak pengeluaran yang kalian dengan pangkas dengan mempertimbangkan pilihan negara bebas visa ini, khususnya mengunjungi negara yang sedang berkembang. Biaya hidup disana pun bisa dibilang masih terjangkau dan murah.

7. Bawa Minuman dan Makanan Sendiri

delicious 1839514 1920 1

Membawa botol minuman kosong (tumblr) merupakan salah satu tips backpacker murah ke luar negeri. Kalian bisa isi ulang air minum kalian selama perjalanan, seperti di bandara dan hostel.

Membawa makanan sendiri dari Indonesia seperti snack dan makanan instan akan menghindarkan kalian dari mahalnya harga makanan saat berada di lokasi wisata. Membawa makanan dan minuman sendiri pun bisa menjadi solusi, jika kalian kurang suka dengan citra rasa masakan lokal khas negara yang kalian kunjungi.

8. Cari Teman Saat Traveling

people 2569234 1920 1

Pergi bersama teman merupakan tips traveling murah, karena kalian akan cost-sharing selama melakukan perjalanan. Pengeluaran bisa dibagi dua dengan teman kalian, seperti sewa penginapan, sewa kendaraan, hingga makan siang, dimana kalian bisa memesan menu yang berbeda dan saling cicip menu yang dipesan.

9. Buatlah Rencana Perjalanan dengan Baik

map 455769 1280 1

Rencana perjalanan merupakan hal yang penting ketika traveling. Jangan sampai kalian mengalami kehabisan uang saat berada di tengah-tengah perjalanan. Rencana akan memaksa kalian untuk menuruti daftar kegiatan dan itinerary yang telah disusun. Rencana yang baik akan membuat kalian mengestimasi pengeluaran setiap kegaiatan yang akan kalian lakukan, sehingga hal ini akan membuat kalian mengendalikan pengeluaran selama perjalanan.

Ingin melakukan travelling dimana pun akan tetap menyenangkan jika Sahabat dapat menikmatinya dan suasana hati yang menyenangkan. Pergi berlibur tidak harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal, disekitar kita banyak sekali tempat yang tak kalah indah dari luar negeri yang patut kita eksplor.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *